REMBANG – BLORA

REMBANG – BLORA

Kabupaten Rembang
Taman Rekreasi Pantai Kartini
Merupakan obyek wisata unggulan bagi kota Rembang dengan latar belakang pemandangan laut Jawa. Pengunjung dapat menikmati deburan ombak laut Jawa dan mandi di laut. Terletak di jalur jalan raya Semarang – Surabaya yaitu Jl. Diponegoro No. 82, laut ini dipenuhi oleh lalu lalangnya perahu nelayan yang sedang melaut maupun yang sedang melabuh disekitar Pada setiap bulan Syawal 5 hari setelah hari raya Idul Fitri di taman ini diselenggarakan Syawalan dengan kegiatan : lomban (wisata laut), wisata belanja berbagai produk unggulan industri kecil Rembang.

Museum Kartini
Museum ini berada di lingkungan rumah dinas Bupati Rembang (Jl. Gatot Subroto 8) dan merupakanbangunan asli yang dulu ditempati RA. Kartini beserta suaminya Djojo Adiningrat Bupati Rembang ( 1889-1912). Museum Kartini menempati salah satu kamar yang dahulu digunakan oleh RA. Kartini untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari, menulis buah pikiran dan ide-ide beliau, juga tempat untuk melahirkan putera satu-satunya yang bernama RM. Susalit, hingga beliau wafat. Disini pengunjung dapat melihat beberapa perabot yang dulu dipergunakan R.A Kartini seperti : perabot rumah tangga, furniture, lukian karya RA Kartini, foto kenangan semasa hidupnya. Komplek Rumah ini masih berdiri kokoh dan bentuk bangunan gedung yang dulu untuk mengajar anak-anak bumi putra masih asli.

Makam RA. Kartini
Terletak di desa Bulu sekitar 17,5 km dari kota Rembang ke arah selatan jurusan Blora. Di tempat ini pada tanggal 17 September 1904 dimakamkan pahlawan Pergerakan Wanita Indonesia ini. Makam ini menempati area seluas 10 ha yang juga menjadi makam keluarga Bupati Rembang pada masa kepemimpinan R.M.A.A. Djoyodiningrat. Untuk mencapai tempat tersebut mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Hutan Wisata Kartini Mantingan
Obyek ini merupakan hutan jati dengan luas area sekitar 39,7 ha yang dikelola oleh Perhutani Mantingan. Terletak di Kecamatan Bulu berjarak 22 km dari kota Rembang kearah selatan jurusan Blora. Fasilitas yang tersedia : taman bermain anak-anak, kolam renang, ruang informasi, shelter, bumi perkemahan, pesanggrahan dan lapangan tennis.

Pantai Binangun
Terletak di desa Bonang –Binangun (18 Km) dari kota Rembang ke timur jurusan Surabaya, akan dapat melihat keindahan pantai ini dengan pemandangan laut lepas dan bukit Bonang yang bertebing putih yang disebut ”Watu Layar ” yang legendaris kawasan panatai Binangun bergandengan dengan obyek wisata petilasan Sunan Bonang, Sentra belanja ikan kering/hasil laut lainnya. Keindahan wisata pantai Binangun dapat dinikmati terutama pada saat matahari terbenam di ufuk barat.

Pantai Pasir Putih Tasikharjo
Pantai yang pasir putihnya ini berlokasi disepanjang pantai Kecamatan Kaliori, tepatnya di desa Tasikharjo 5 Km dari kota Rembang ke arah barat. Pantai ini berhadapan dengan pulau Marongan dan pulau Gede. Kedua pulau ini sering dipergunakan sebagai tempat wisata tirta , berkemah, dan kegiatan memancing.

Pantai Suko
Berada di kawasan kecamatan Sluke kurang lebih 24 Km dari kota Rembang ketimur jurusan Surabaya , pantai Suko erat sekali dengan nama seorang tokoh pengembara yaitu Sukowati dari Samodra Pasai yang wafat dipantai ini dalam pertempurannya dengan pasukan Majapahit yang dipimpin oleh pangeran Harya Damar Putra Prabu Brawijaya raja Majapahit . Di kawasan ini juga terdapat makam Dewi Siti Kuliyah yang berasal dari Samodra Pasai yang mengembangkan agama Islam di daerah Sluke.

 

Kabupaten Blora

Goa Terawang
Goa dengan keindahan stalagtit dan stalagnitnya terbentuk dari endapan batu kapur, goa ini terletak di tengah-tengah hutan jati kawasan Hutan KPH Blora tepatnya di Desa Kedungwungu, Kec. Todanan berjarak sekitar 35 km dari kota Purwodadi kerah barat kota Blora. Di kawasan ini pula terdapat goa-goa yang masih alami seperti Goa Kidang, Goa Suru dan Goa Manuk.

Waduk Bentolo
Waduk Bentolo juga terletak tidak jauh dari lokasi Goa Terawang. Waduk Bentolo disamping sebagai obyek wisata juga digunakan sebagai irigasi lahan pertanian, di kawasan ini pula terdapat Bumi Perkemahan yang sangat luas dan dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Pancasona.

Loko Wisata Hutan Cepu
Loko Wisata ini merupakan paket perjalanan wisata di hutan jati KPH Cepu dengan transportasi rangkaian Kereta Api yang ditarik Lokomotip tua buatan Berliner Maschinnenbaun Jerman Tahun 1928. Jarak tempuh sejauh 60 Km. kecapatan maksim7um 20 Km/jam waktu perjalanan 4 jam. Letak bengkel transit di Kota Cepu 36 Km. ke arah Tenggara Kota Blora.

Waduk Tempuran
Waduk ini fungsi utamanya adalah sebagai irigasi dan manfaat lain sebagai tempat pembinaan atlit-atlit dayung, budidaya ikan, karamba serta tempat wisata. Terletak di Dusun Juwet Desa Tempuran, Kec. Blora berjarak sekitar 10 km dari Kota Blora ke arah timur laut, Keberadaan Waduk ini melingkari perbukitan didusun Juwet sehingga nampak seolah-olah keberadaan Dusun Juwet berada terapung diatas waduk.

Wisata Geologi
Wisata geologi adalah merupakan wisata alam atau kegiatan wisata dibidang ilmu kebumian dengan obyek berupa lokasi yang berkaitan erat dengan hasil proses geologi yang terkandung dan tersimpan didalam alam antara lain Geologi Wisata yang berhubungan dengan minyak dan gas bumi. Wisata Geologi ini kebanyakan berada di perbukitan dan ditengah-tengah kawasan hutan jati yang lebat yang berada diwilayah Kabupaten Blora, dan sekitarnya, namun sangat mudah dijangkau baik dangan kendaraan roda dua ataupun dengan roda empat. Sumur minyak dan gas bumi di wilayah Kabupaten Blora yang pertama kali di ketemukan oleh BPM pada tahun 1890, sedangkan ladang gas bumi yang berada di wilayah Cepu ; berada di Balun dan Tobo. Adapun disekian banyak sumur minyak yang di ketemukan baik di wilayah Kabupaten Blora sendiri atau disekitarnya, terdapat sumur minyak tua yang ditambang secara tradisional oleh masyarakat setempat dengan menggunakan tali dan timba yang ditarik + sejumlah 15 orang diwilayah Wonocolo, tetapi masih masuk dikawasan hutan jati KPH Cepu Kabupaten Blora. Karena pada umumnya kawasan lokasinya berada di perbukitan dan ditengah kawasan hutan hal ini sangat menarik, unik dan menawan, sehingga banyak dikunjungi baik Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

Waduk Greneng
Waduk Greneng merupakan Daya Tarik Wisata Alam berupa Waduk terletak didukuh Greneng desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora + 12 km kearah barat laut dari Kota Blora. Obyek Wisata ini mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai fungsi utama irigasi tanah pertanian dan pembesaran ikan air tawar. Karena letak dan lokasinya yang begitu indah dan menarik, serta berlatar belakang dekat dengan hutan Wilayah KPH Mantingan yang menambah suasana berkesan keindahan pemandangan alamnya, sehingga Obyek Wisata Waduk Greneng juga merupakan Obyek Wisata yang banyak dikenal oleh masyarakat baik dari dalam maupun dari luar kota, khususnya kaum remaja yang mempunyai hoby memancing. Waduk Greneng mempunyai hamparan yang luas + 45 ha dengan terdapat beberapa macam / jenis ikan air tawar, sehingga banyak masyarakat setempat yang menjajakan ikan hasil tangkapannya, dalam hal ini dapat menambah semaraknya suasana sekaligus sebagai daya tarik Obyek Wisata Waduk Greneng. Untuk mencapai Obyek Wisata dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s