BOROBUDUR – DIENG

BOROBUDUR – DIENG

Kabupaten Magelang
Tiga Candi Budha Dalam Satu Garis Ritual

Candi Borobudur, Pawon, dan mendut merupakan Candi Budha yang dibangun oleh raja Samaratungga dari dinasti Syailendra pada abad ke-8. Tiga Candi budha tersebut memiliki relief atau gambar timbul yang menarik menggambarkan kehidupan sang Budha dan reinkarnasinya dalam bentuk cerita Jataka dan Lalitavistara. Candi Borobudur dan Pawon terletak di kecamatan Borobudur sedangkan candi Mendut di kecamatan Mungkid, 3 km ke arah timur Candi Borobudur.

Bukit Punthuk Setumbu
Bukit Punthuk Setumbu terletak sekitar 4 km arah Barat Candi Borobudur, tepatnya di Desa Karangrejo. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit sekaligus menyaksikan kemegahan Candi Borobudur di kala pagi. Berada di ketinggian sekitar 400 m dpl, Bukit Punthuk Setumbu dapat ditempuh dengan berjalan kaki, naik sepeda, atau naik ojek.

Ketep Pass
Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dengan luas kawasan sekitar 8.000 m2, terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan atau berjarak 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali dan 32 km dari Kota Salatiga. Daya tarik yang dapat dinikmati di obyek ini pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Tidar, Gunung Andong dan pegunungan Menoreh serta hamparan lahan pertanian. Untuk mencapai tempat tujuan tsb. bisa dari arah Magelang atau dari arah Boyolali maupun dari arah Salatiga. Fasilitas yang tersedia : vulkano theater, kios cinderamata, kios penjualan sayuran, rumah makan, museum, teropong gunung merapi, dan flying fox.

Kota Magelang
Taman Kyai Langgeng

Taman rekreasi yang diresmikan pada bulan September 1980 dengan luas lahan sekitar 27 ha, terletak di Jl. Cempaka No. 9 Magelang. Taman wisata ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek penelitian, patung-patung Dinosaurus dalam ukuran asli, aneka fasilitas permainan, serta yang terbaru adalah prototipe pesawat terbang. Di Taman Kyai Langgeng, khususnya pada hari libur akan disuguhi dengan berbagai atraksi kesenian daerah maupun musik, selain arena permainan untuk anak-anak dan keluarga, di sebelah Taman ini terdapat fasilitas Arung Jeram dikhususkan bagi mereka yang menyukai petualangan dengan menelusuri-Sungai Progo.

Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo
Situs Candi Hindu

Disamping memiliki alam yang indah, Dataran Tinggi Dieng juga terdapat peninggalan budaya masa lalu yang berupa situs purbakala dan candi-candi Hindu yang dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno sekitar tahun 809 M – 1210 M. Candi-Candi tersebut berjumlah lima buah tersusun dalam dua deret, deret sebelah timur terdiri dari empat bangunan candi yang semuanya menghadap ke barat, yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra sedangkan Candi Semar menghadap ke sebelah timur berhadapan dengan Candi Arjuna.

Telaga Warna Dan Telaga Pengilon
Dinamakan telaga warna karena telaga tersebut memantulkan aneka warna yang indah. Disampingya terdapat telaga pengilon (telaga cermin) karena berkilau seperti cermin. Fenomena ini mungkin disebabkan oleh kandungan mineral telaga tersebut. Memang telaga-telaga tersebut terletak tidak jauh dari beberapa kawah yang mengeluarkan bahan-bahan mineral dari dalam bumi.

Dieng Plateau Theatre
Dieng Plateau Theater menampilkan pertunjukan berupa pemutaran film dokumenter yang berisi gambaran pembentukan kawah-kawah di Dieng Plateau dan peristiwa Tragedi Kawah Sinila beberapa puluh tahun yang lalu. Film yang berjudul “Dieng Negeri Khayangan (god abode)” berkisah tentang proses terjadinya Dataran Tinggi Dieng, potensi alam Dieng, pesona objek wisata Dieng, tragedi Kawah Sinila yang membunuh ratusan penduduk Dieng pada tahun 1979, kesenian tradisional Dieng, kawah-kawah yang terdapat di Dieng, dan tradisi ruwatan cukur rambut gimbal.

Museum Dieng Kailasa
Museum Dieng Kailasa berlokasi di kompleks Gedung Arca milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah, di dekat Candi Gatotkaca, Dieng, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara. Nama Kailasa berasal dari nama gunung yang oleh agama Hindhu dan Budha dipercaya sebagai tempat suci (tempat tinggal Dewa Syiwa). Koleksi museum ini berisi artefak dan panil keterangan tentang alam (geologi, flora-fauna), masyarakat Dieng (keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian) serta warisan arkeologi dari Dieng. Berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung telah ada meliputi teater untuk melihat film, restoran, shelter, dan panggung terbuka.

TMRS Seruling Mas
Taman rekreasi dengan daya tarik utama taman satwa (kebun binatang) seluas ± 10 ha, diresmikan pada tahun 1997. Terletak 1 km dari Kota Banjarnegara kearah utara. Di lokasi tersebut terdapat juga makam Ki Ageng Selomanik keturuanan Raja Mataram. Fasilitas yang tersedia : Rumah makan, kios cinderamata, kolam renang, arena bermain anak-anak, panggung hiburan, arena pemancingan.

Kabupaten Temanggung
Wanawisata Jumprit

Jumprit berada di lereng Gunung Sindoro tempatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo pada ketinggian 2.100 meter dari permukaan laut (dpl) dan. Jaraknya hanya sekitar 26 km dari barat laut kota Temanggung. Jumprit merupakan daya tarik wisata spiritual di lereng gunung Sindoro dengan panorama alam pegunungan berhawa sejuk. Air jumprit juga digunakan sebagai Air Berkah untuk upacara Tri Suci Waisak setiap tahunya.

Candi Pringapus
Candi ini terletak di Desa Pringsurat Kecamatan Ngadirejo sekitar 22 Km dari arah barat lauta Kota Temanggung. Candi Pringapus diperkirakan dibangun pada tahun 850 dan rampung dua tahun kemudian. Arca-arcanya bercorak Hindu Siwaistis. Jika dicermati, bentuk bangunanya merupakan replika Mahameru yang menjadi lambang tempat tinggal para dewata. Hal ini bisa dibuktikan dari adanya hiasan antefiq dan relief hapsara-hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa.

Pikatan Water Park
Kawasan wisata permainan air ini terdapat sumber mata air alam yang sangat melimpah dan menjadi sumber kehidupan masyarakat. Nama ‘Pikatan’ berasal dari nama raja pada masa Mataram kuno yaitu Rakai pikatan. Nuansa masa lalu masih melekat dengan wilayah ini karena banyak peninggalan-peninggalan sejarah dalam bentuk patung dan pohon ukuran besar.

Kledung Pass
Kledung pass terletak di perbatasan Temanggung-Wonosobo 17 km arah barat dari kota Temanggung. Kledung pass merupakan kawasan dataran luas yang terbentang di antara gunung Sumbing (3.260 m dpl) dan Sindoro (3.151 m dpl). Berada pada ketinggian 1.450 m dpl, Kledung pass menawarkan keindahan alam dengan udara yang sejuk, tenang, dan jauh dari polusi.

Kabupaten Purworejo
Goa Seplawan

Gua Seplawan berada di desa Donorejo, kecamatan Kaligesing sekitar 40 kilometer ke timur dari pusat kota. Gua Seplawan merupakan salah satu situs yang sangat bernilai tinggi, karena saat yang ditemukan pada 15 Agustus 1979 itu di salah satu sudut gua ditemukan sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 1,5 kg. Arca itu berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan. Para ahli arkeolog meyakini bahwa patung itu adalah Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Arca itu merupakan peninggalan pada zaman Hindu Siwa. Kini arca tersebut disimpan di Museum Nasional. Sebagai gantinya , Pemerintah membangun replika arca didepan mulut goa, replika itu ukurannya lebih besar dari yang sebenarnya sehingga menyerupai monumen. Panjang dari goa seplawan +700 m(untuk jalur wisatawan) dan masih juga terdapat cabang-cabang dengan jalur yang ekstrim yang hanya bisa dimasuki oleh orang yang benar-benar ahli dalam bidang penelusuran gua. Dengan hamparan stalagtit dan stalagmit yang indah dan juga aliran sungai bawah tanah, gua ini terkesan tenang dan damai ketika kita berada didalamnya.

Pantai Jatimalang
Obyek wisata ini terletak di desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, berjarak sekitar 18 km dari pusat Kota Purworejo, Wisatawan dapat menikmati panorama laut selatan yang indah. Menurut sejarah pantai ini pernah digunakan untuk pendaratan kapal pengangkut tentara Jepang pada tahun 1945.

Pantai Pasir Puncu
Obyek wisata ini terletak di desa Ketawang dan Desa Harjobinangun, Kec. Grabag, berjarak 22 km dari pusat Kota Purworejo. Pantai Ketawang merupakan pantai alami yang landai sangat indah dengan deburan ombak Samudera Hindia.

Curug Silangit
Curug Silangit Obyek wisata air terjun yang unik yang terletak di daerah Kaligesing tepatnya di dusun Jeketro desa Kaligono. Salah satu daya tarik Curug Silangit adalah karena Curug tersebut mempunyai 3 tingkatan curug (terjunan air). Curug pertama atau yang paling atas sendiri adalah curug yang paling tinggi sekitar 30 meter. Curug kedua sekitar 10 meter atau setinggi pohon kelapa, dan yang paling bawah sekitar 10 meteran. Setiap curug dibawahnya terdapat kedung/kolam yang sering dijadikan tempat mandi bagi para pengunjung. Tiap-tiap kedung itu rata-rata memiliki kedalaman lebih dari 5 meter.

Bedug Pendowo
Bedug Pendowo adalah salah satu bedug terbesar di dunia berada di dalam Masjid Agung Kauman Jl. Mayjend. Sutoyo Purworejo sebelah alun-alun Purworejo. Bedug ini terbuat dari kayu jati yang bercabang lima sehingga di namakan bedug pendawa dan berusia ratusan tahun yang tercatat pada tahun 176 jawa atau sekitar tahun 1834 Masehi dengan ukuran panjang rata-rata 292 cm dengan garis tengan depan 194 cm dan garis belakang 180 cm, keliling depa 601 cm, keliling belakang 564 cm, jumlah paku depan 120 buah, jumlah paku belakang 98 buah.

 

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s