SEMARANG – KARIMUNJAWA

SEMARANG – KARIMUNJAWA

Kota Semarang
Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama merupakan daerah gedung-gedung tua peninggalan Belanda, antara lain: Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Gedangan, Taman Sri Gunting, Marba, Marabunta, Nilmij, dan De Spiegel. Gereja Blenduk memiliki gaya arsitektur Phantheon didrikan pada tahun 1753 dan dipugar tahun 1894. Disebut Gereja Blenduk karena bentuk kubahnya yang seperti irisan bola. Di dalam bangunan segidelapan beraturan ini terdapat piano berukuran besar yang sangat unik.

Lawang Sewu
Gedung Lawang Sewu terletak di kawasan strategis , Tugu Muda, kota Semarang. Gedung ini merupakan bagian dari sejarah perkeretaapian di Indonesia karena awalnya didirikan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatschsppij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahaan Kereta Api Swasta NIS. Bangunan karya arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J. Queendag mulai dibangun pada tahun 1903. Sebutan Lawang Sewu muncul karena gedung bergaya art deco ini memiliki banyak pintu, yang dalam bahasa Jawa, Lawang berarti Pintu dan Sewu berarti Seribu.

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan bangunan yang megah dan spektakuler, dengan luas 10 ha dan berkapasitas 13 ribu jemaah. Masjid yang berlokasi di Jalan Gajah Semarang Timur ini memiliki menara setinggi 99 M yang dinamakan Menara Al Husna. Di dalamnya terdapat museum, teropong pandang, dan kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Fasilitas: seperti convention hall, souvenir shop, pujasera, gedung perkantoran, perpustakaan, dan wisma penginapan.

Vihara Buddhagaya Watugong
Berada di kompleks Vihara Buddhagaya Watugong yang mempunyai nilai artistik dengan tinggi 39 meter, Pagoda Aalokitesvara merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Dibangun tahun 2005 bangunan yang mempunyai tujuh tingkat ini terdapat 20 patung Dewi Welas Asih dari tingkatan kedua hingga keenam.
goda is located in the complex of Vihara Buddhagaya Watugong. This building has an artistic value with the height of 39 meters and been the highest pagoda in Indonesia, built in 2005 within this seven levels building, there lies 20 statues of goddess Kwam Im.

Kabupaten Semarang
Agro wisata Tlogo

Kebun Tlogo terletak di desa Tlogo berjarak 1 km dari jalan raya Semarang – Solo, merupakan perkebunan kopi dan karet yang dikelola oleh Perusda Jateng memiliki panorama alam dengan hawa yang sejuk dan nyaman. Wisatawan dapat menikmati udara sejuk dengan berjalan kaki mengelilingi perkebunan, dapat melihat proses pembuatan karet dan kopi serta dapat melakukan kegiatan outbound. Fasilitas yang tersedia : Tempat penginapan, kolam pemancingan, shelter, sarana untuk kegiatan outbond, sepeda gunung.

Bukit Cinta
Terletak di desa Kebundowo dipinggir Rawa Pening, dapat menikmati panorama bukit Brawijaya dan hamparan air Rawa Pening. Fasilitas yang tersedia : gardu pandang, taman bermain anak-anak, pangkalan perahu wisata yang menglilingi rawa.
s located in the village of Rawa Kebundowo, alongside Rawa Pening. Visitors can enjoy the panorama of Brawijaya hill and the overlay of Rawa Pening. Facilities: viewing post, children’s playground, tourism boat quays which sorround the swamp.

Kamporng Kopi Banaran
Merupakan obyek wisata yang terletak di areal perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan pada ketinggian 480 – 600 m dpl, tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km 35. Wisatawan dapat menikmati udara sejuk di perkebunan kopi dan menikmati sedapnya minum kopi “ Banaran coffee” Fasilitas yang tersedia: arena bermain anak-anak, lapangan tennis, coffee walk, outbond games, kolam renang, gazebo, taman buah, flying fox, gedung pertemuan.

Taman Rekreasi Kopeng
Kopeng merupakan tempat peristirahatan dengan suasana panorama alam pegunungan mudah ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi, terletak 14 km arah barat daya dari kota Salatiga. Di kawasan ini banyak terdapat tempat penginapan (hotel) dan terdapat pula pasar tradisional yang menyediakan sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman hias. Fasilitas yang tersedia : kolam renang, kolam pemancingan, taman bermain anak-anak, bumi perkemahan,kios cenderamata, pasar sayur mayor, buah-buahan dan hasil pertanian masyarakat sekitar, tanaman hias, rumah makan.

Air terjun Semirang
Terletak di desa Gogik dilereng gunung Ungaran dengan pemandangan alam yang menarik, untuk menuju ke tempat ini pengunjung dapat menikmati suasana perkebunan pala dan kopi disekitarnya, sehingga sangat cocok sebagai area trekking maupun sepeda gunung.

Candi Gedongsongo
Komplek Candi Gedongsongo merupakan candi hindu kira-kira terletak pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan air laut dilereng gunung Ungaran tepatnya di Desa Candi Kecamatan Ambarawa. Dinamakan Candi Gedongsongo karena di komplek tersebut ditemukan sembilan bangunan Candi. Gedong (Jawa) berarti rumah, songo (Jawa) berarti sembilan, sehingga Gedongsongo berarti sembilan rumah / sembilan rumah dewa. Dari sembilan bangunan candi tersebut, lima kelompok bangunan candi masih utuh sedangkan empat kelompok bangunan candi hanya tinggal pondasi dan reruntuhan bangunan. Komplek Candi Gedongsongo dapat ditempuh dengan mudah lewat kota Ambarawa ke arah utara berjarak sekitar 12 km. Fasilitas yang tersedia : kios cinderamata, persewaan kuda, tempat perkemahan, area untuk outbond, tempat bermain anak-anak, area panjat tebing, kolam untuk berendam air belerang.

Monumen Palagan Ambarawa
Terletak di pinggir jalan utama Semarang – Yogyakarta, merupakan monumen sejarah bangsa yang dilengkapi dengan museum dengan koleksi persenjataan kuno peninggalan Penjajah.

Taman Wisata Rawa Permai
Terletak ditepi jalan raya Semarang- Solo Jl. Fatmawati No. 154 Lopait, berjarak sekitar 25 km dari kota Ungaran, memiliki pemandangan alam yang indah, Rawa permai merupakan wisata alam di tepi Rawapening yang dilengkapi dengan rumah makan lesehan dengan aneka makanan khas. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, kolam renang, tempat bermain anak-anak, rumah makan lesehan. Di depan Rawa Permai terdapat pasar kriya Jawa Tengah yang merupakan pusat penjualan berbagai kerajinan.

Umbul Sidomukti
Merupakan taman renang dengan umbulnya yang memancarkan air secara alami di tengah kolam, selain panorama yang indah dan hawa yang sejuk. Terletak di Lembah Sidomukti lereng Gunung Ungaran tepatnya Desa Sidomukti, Bandungan, Kab. Semarang. Fasilitas yang tersedia : flying fox, oautbond training, taman berani, camping ground, trekking.

Hills Joglo Villa
Merupakan daya tarik wisata yang berupa bangunan Kompleks rumah joglo dengan gaya arsitektur Jawa Tengah. Berlokasi didesa Lerep Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Ungaran, atau 16 Km dari Kota Semarang. Hills Joglo Villa merupakan tempat yang sangat cocok dan nyaman untuk melepas lelah di akhir pekan, karena merupakan tempat wisata dengan nuansa alam pedesaan dipadu dengan persawahan dan hawa sejuk serta dilengkapi dengan restoran, galeri, penginapan, toko barang antik. Ada sekitar 5 rumah Joglo yang berdiri diatasnya kesemua bangunan itu merupakan bangunan asli, bukan bangunan yang baru d buat. Maka tidak mengherankan kalau usia joglo-joglo tersebut bisa mencapai 100-300tahun. Meski kapasitas per rumah berbeda, namun secara keseluruhan resort berhawa sejuk ini mampu menampung hingga 37 tamu.

Curug Tujuh Bidadari
Berlokasi di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, curug tujuh bidadari merupakan air terjun tiga susun setinggi sekitar 10 meter ini airnya jernih, segar dan udaranya sejuk serta dikelilingi pohon dengan pemandangan terasering persawahan. Tidak jauh dari tempat itu, gemericik air di pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Beringin dan Banteng, memecah kesunyian. Konon, sejumlah bidadari pernah mampir untuk mandi di air terjun tersebut. Menjadikan Air Terjun Tujuh Bidadari merupakan sebuah perpaduan yang menyenangkan bagi penyuka jalan-jalan, sepeda gunung, dan fotografi serta membantu menghilangkan penat dari rutinitas.

Taman Djamoe Indonesia
Taman Djamoe Indonesia adalah wujud nyata kepedulian Ibu Meneer terhadap kelestarian aneka jenis tanaman jamu Indonesia. Berawal koleksi tanaman pribadi beliau, yakni Laos (Alpinia Galanga), Salam (Eugeniapolyantha Wight), dan Sereh (Andropogoncitratus), terciptalah ide cemerlang untuk mengembangkannya menjadi sebuah taman. Di tangan DR. Charles Saerang, generasi ketiga Ibu Meneer, taman seluas 3 hektar ini dibangun dan didesain kembali dengan begitu cantiknya hingga menjanjikan pemandangan alam penuh pesona.

Kabupaten Jepara
Pantai Bandengan

Pantai Tirto Samudro atau yang dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan Pantai Bandengan terletak 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara. Pantai yang airnya jernih dan berpasir putih ini sangat cocok untuk bermain air, berenang serta aktivitas olahraga air lainnya. Waktu yang paling disukai ialah saat terbenam matahari.Di lokasi ini pengunjung dapat bersantai ria dan duduk duduk di atas shelter sambil menikmati semilir angin pantai serta udara yang masih alami.

Pantai Kartini & Kura-Kura Ocean Park
Obyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek wisata ini berada di kelurahan Bulu kecamatan Jepara Obyek wisata alam ini dilengkapi dengan berbagai sarana seperti dermaga, sebagian aquarium Kura-kura, motel, permainan anak-anak (komedi putar, mandi bola, perahu arus), dan toko souvenir, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya. Masih dalam satu kawasan, terdapat wahana baru Kura-Kura Ocean Park yakni bangunan akuarium berbentuk kura-kura dengan koleksi, antara lain Hiu, Penyu Sisik, Pari, Giant Trafelly (GT), Kakap, Kerapu, Jenaha, Triger, Mimi & Mintuna, Buntal, dan jenis ikan lainnya. Ada pula 1 buah kolam sentuh (touch pool) yang berisi ikan komunitas air tawar utamanya kura-kura jinak yang dapat dipegang oleh pengunjung.

Kabupaten Kendal
Air Terjun Curug Sewu

Air terjun curug sewu terletak di kecamatan Patean atau sekitar 40 km dari kota Kendal. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan dengan total ketinggian sekitar 70-80 meter. Disekitar lokasi Iar terjun telah dilengkapi dengan taman hiburan anak,taman rekreasi, kolam renang, dll.

Pantai Sendang Sikucing
Pantai yang berjarak 22 km dari kota Kendal tepatnya di kecamatan Rowosari ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam. Kawasan pantai Sendang Sikucing telah di dilengkapi dengan berbagai sarana, seperti rumah makan terapung, perahu tradisional, dan becak air.

Pemandian Air Panas Gonoharjo
Pemandian Air Panas Gonoharjo terletak di lereng Gunung Ungaran tepatnya di desa Gonoharjo, Kec. Limbangan dalam kawasan hutan lindung berjarak 40 km dari Kota Kendal. Lokasi ini dapat dijangkau melalui jalur Semarang – Boja.

Agro Wisata Kebun Teh Medini
Tidak jauh dari pemandian air panas Gonoharjo, ada perkebunan teh Medini yang pemandangannya sangat indah. Setiap hari kita dapat menyaksikan para pemetik teh disamping menikmati sejuknya udara pegunungan. Kawasan wisata agro ini sering digunakan untuk berkemah dan kegiatan outbond.

Goa Kiskendo
Goa Kiskendo terletak di Perkebunan karet Merbuh desa Trayu, Kec. Singorojo, berjarak ± 15 km dari Kota Kendal melalui Kaliwungu. Setelah menyusuri jalan setapak yang berbatu, pengunjung mulai memasuki mulut goa. Melewati lereng dan dinding gua yang cukup curam, kita akan menemukan gua-gua kecil di komplek goa Kiskendo. Ada 5 buah goa yang masih alami dengan stalagnit dan stalagtit yang unik, kelima goa tersebut adalah Goa Lawang, Goa Pertapan, Goa Tulanang, Goa Kempul dan Goa Kampret.

Kampung Jawa Sekatul
Kampung Jawa Sekatul merupakan agro wisata yang bernuansa pedesaan Jawa dengan bangunan khas jawa kuno “joglo” serta udara yang sejuk dan panoramanya yang indah. Terletak di Dukuh Sekatul, Desa Margosari, Kecamatan Limbangan, pengunjung dapat menikmati santapan di rumah makan lesehan yang menyajikan menu ikan goreng/ bakar. Fasilitas yang ditawarkan antara lain penginapan, tempat pemancingan, play ground dan camping ground.

Tirto Arum Baru
Tirto Arum Baru terletak di jalur utama pantura tepatnya Jl. Soekarno Hatta Km.2,7 Kendal. Kawasan wisata ini menyediakan fasilitas tempat bermain anak, rumah pohon, kolam renang, arena outbond, penginapan, dan restoran sehingga sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Agro Wisata Kebun Ngebruk “Plantera Fruit Paradise”
Plantera berada di atas lahan seluas 210 Ha dan perbukitan yang berhawa sejuk tepatnya di Desa Sidokumpul Kecamatan Patean. Pengunjung dapat menjumpai berbagai tanaman buah unggulan seperti Durian montong, lengkeng itoh, buah naga Red Dragon, Sirkaya Grand anona, Rambutan Binjai & Ropiah dan Jambu Citra. Di kebun yang dikelola secara modern serta berteknologi tinggi ini wisatawan dapat menikmati perjalanan menyusuri perkebunan mengggunakan mobil khusus yang berhenti dalam beberapa post pemberhentian untuk memberi kesempatan wisatawan untuk memetik buah dan menikmati buah yang disukai sembari berfoto bersama. Semua dikemas dalam paket wisata Fruit Tour, Fruit Safari dan Fruit Paradise.

Kota Salatiga
Agro Wisata Salib Putih

Merupakan perkebunan kopi yang berdiri sejak tahun 1902 yang awalnya digunakan untuk kegiatan sosial keagamaan. Terletak di lereng Gunung Merbabu tepatnya di Jl. Salatiga – Kopeng Km 4 , Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo. Fasilitas yang tersedia antara lain jaln lintas alam, areal perkemahan, kedai kopi.

Atlantic Dreamland
Daya tarik wisata permainan air yang berada di tepi jalan raya, sekitar 300 m sebelah Barat Bus Terminal Tingkir. Beberapa fasilitas rekreasi yang ditawarkan cukup lengkap antara lain arena bermain Flying Fox dan Bungge Trampoline, Kolam Renang anak dan dewasa (Swiming Pool), Waterboom untuk anak-anak dan dewasa, ATV circuit, Baterai car, Jet Coster, Junior Coster, Bom-bom Car, Caroseil, Playground, Outbound arena for kids, Mandi Bola–Kids Arena serta Game Center.

Kabupaten Kudus
Menara Masjid Kudus
Bentuk bangunan menaranya yang unik dengan perpaduan desain arsitektur Jawa – Hindu – Islam terbuat dari batu bata merah dengan ketinggian sekitar 17 m. Masjid kuno ini dibangun pada abad 16 oleh Syeh Jafar Shodiq ( Sunan Muria adalah salah satu dari 9 wali, penyebar agama islam di Jawa ). Sedang Masjid Kudus menurut catatan dibangun pada tahun 956 H, hal ini dapat dilihat dari batu tulis berbahasa arab yang terletak di pengimaman masjid tersebut. Terletak sekitar 1,5 km dari pusat Kota Kudus, tepatnya Kelurahan Kauman, Kecamatan Kota Kudus.

Makam dan Masjid Colo
Makam Sunan Muria, salah satu 9 wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa, berada di sebelah selatan Gunung Muria, untuk mencapai tempat tersebut harus menaiki sekitar 700 trap/tangga, letak makam di dalam bangunan kuno di belakang masjid peninggalan Sunan Muria, berjarak 18 km dari Kudus ke arah utara.

Air Terjun Monthel
Obyek wisata air terjun monthel terletak di sebelah utara Makam Sunan Muria. Untuk menuju lokasi kira-kira 1,5 km dari pesanggrahan Colo dapat dicapai dengan jalan kaki melalui jalan setapak melewati perkebunan kopi. Kita dapat menikmati suara gemericik air yang jatuh di atas bebatuan dan kicauan burung yang merdu. Air terjun monthel memiliki ketinggian sekitar 50 m.

Kabupaten Demak
Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan masjid tertua di Pulau Jawa, yang dibangun oleh para Wali Songo pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Sultan Patah, hingga sekarang masih berdiri kokoh. Masjid ini merupakan cagar budaya yang memiliki nilai historis dan arkeologis. Secara arsitektural salah satu keistimewaannya adalah bentuk atapnya limas piramida bertingkat tiga yang menjadi khas bentuk masjid di Jawa, ini menunjukkan akidah islamiyah yaitu iman, Islam dan ihsan. Memiliki empat soko guru yang salah satunya konon dibuat dari tatal. Masjid Agung Demak terletak di jalan Raden Patah dan mudah dijangkau dijalur jalan Semarang – Surabaya, disebelah utara masjid pengunjung dapat berziarah kemakam anggota keluarga kerajaan Demak. Di samping masjid terdapat museum yang menyimpan koleksi tiang penyangga masjid, bedug peninggalan zaman walisongo dan kerajaan Demak.

Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga merupakan salah satu dari 9 wali penyebar agama Islam pertama di tanah Jawa. Terletak di Jl. R. Sahid, Kadilangu ± 1,5 km sebelah timur kota Demak banyak dikunjungi para peziarah terutama pada malam Jum’at Kliwon.

Pantai Morosari
Merupakan wisata bahari yang terletak di Desa Bedono, Kecamatan Sayung sekitar 3,5 km dari jalan raya Semarang – Demak, dilengkapi dengan berbagai macam sarana permainan air, seperti Jet Ski, Motor Boat, Banana Boat dan perahu Naga serta Parasailling, menjadikan kunjungan para wisatawan lebih berkesan selain dapat menikmati view laut jawa yang mempesona tersedian juga restoran sea food “The Ocean”.

Kabupaten Pati
Waduk Gunung Rowo

Waduk ini luasnya sekitar 320 ha, dengan latar belakang panorama Gunung Muria dan lembah-lembah yang hijau dengan tanaman kopi cengkeh dan buah-buahan. Obyek ini terletak di desa Sitiluhur, Kecamatan Gombong berjarak ± 16 km dari kota Pati ke arah utara. Wisatawan dapat beraktivitas dengan bersampan mengelilingi waduk dan mengelilingi jalan lingkar sekitar waduk. Nama gunung rowo konon bermula ketika Laksamana Ceng Ho berkunjung ke Sunan Muria, kemudian ketika mengunjungi tempat yang kini dinamakan gunung rowo ini terjadi perbedaan pendapat antara keduanya. Sunan Muria mengatakan tempat itu adalah gunung sedangkan laksamana CengHo mengatakan itu adalah rawa. Akhirnya untuk mengakhiri perbedaan pendapat tempat itu dinamakan Guung Rowo.

Kebun Kopi Jollong

Terletak di lereng gunung Muria, Desa Siti Luhur Kec. Gembong merupakan hamparan kebun kopi yang sangat luas, dengan hawa sejuk, sejak dahulu Kebun Kopi Jollong dikelola dan dikembangkan oleh PTP XVIII yang merupakan pabrik dan perkebunan kopi peninggalan Belanda daya tarik Agrowisata ini antara lain Air terjun, Kolam Renang dan proses pembuatan kopi membuat kebun kopi ini banyak dikunjungi wisatawan.

Sendang Tirta Marta Sani
Sendang Sani adalah salah satu peninggalan Sunan Kalijaga ketika beliau sedang berkelana yang diikuti oleh dua orang muridnya. Sendang Sani terletak di Dukuh Sani Desa Tamansari Kecamatan Tlogowungu. Obyek yang dapat dikunjungi adalah Paseban (tempat semedi), Padusan (Tempat mandi) Pendopo, Makam leluhur Pati serta tamasya keluarga dengan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain waterbom dan outbond.

Air Terjun Grinjingan Sewu
Air terjun dengan ketingggian 25 m, ditengah kesejukan alam yang asri dan indah yang masih alami, terletak di desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal. Tanaman bawang putih dan jeruk merupakan penghasilan utama bagi penduduk di sekitar obyek yang juga dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s