TEGAL – PEKALONGAN

TEGAL – PEKALONGAN

Kabupaten Pekalongan
Linggoasri

Linggoasri adalah obyek wisata yang terletak 37 km sebelah selatan Kota Pekalongan arah Kajen pada tinggian 700 m dpl dan merupakan daerah wisata hutan pinus milik Perum Perhutani. Obyek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti kolam renang, kebun binatang mini, atraksi gajah, play ground dan villa-villa sederhana yang bisa digunakan untuk bermalam di lokasi.

Pantai Wonokerto
Pantai Wisata Wonokerto terletak sekitar 5 km dari jalan raya Wiradesa arah Utara tepatnya di Desa Wonokerto Kec. Wonokerto, Kab.Pekalongan Di pantai wisata ini banyak pengunjung yang datang, khususnya pada bulan Suro (pada penanggalan Jawa) karena biasanya diadakan acara Nyadran atau Sedekah laut yang diadakan masyarakat nelayan setempat.

Ekowisata Petungkriyono
Petungkriyono adalah sebuah kawasan yang dikelilingi hutan dengan beragam fauna, seperti kera dan burung rangkong; flora, sperti anggrek; dan air terjun. Terletak di ujung selatan, berjarak 30 km dari ibukota Kab. Pekalongan, pengunjung berkesempatan untuk menyaksikan berbagai macam kesenian, seperti kuntulan, kuda kepang, dan ronggeng dll dalam peristiwa adat. Petungkriyono telah dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti jungle house, homestay, camping ground dan pendopo.

Kota Pekalongan
Pantai Pasir Kencana

Tempat santai menyajikan keindahan dan kesejukan khas pantai dengan hamparan pasir pantai. Rekreasi yang ditawarkan ditempat ini selain pemandangan, yaitu bersampan, perahu siar dan memancing. Terletak 4,5 km ke arah utara dari kota berdekatan dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan Muara Pelabuhan Pekalongan. Tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana, kira – kira sejauh 500 m kearah barat, wisatawan dapat menikmati hidangan ikan bakar di Rumah Makan Pantai Sari atau Rumah Makan Wiroto, sambil menikmati suasana gelombang air laut dan semilirnya angin pantai.

Pantai Slamaran Indah
Terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana dibatasi oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP); dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat darat 5 Km dari kota/terminal bus.
Sebuah lokasi berupa hutan pantai yang alami, dimana pengunjung dapat menikmati terbit dan terbenamnya matahari.

Kabupaten Pemalang
Widuri Water Park

Widuri Water Park merupakan obyek wisata andalan diantara puluhan obyek lain yang ada di Kabupaten Pemalang, dengan luas areal mencapai 6,5 hektar dan terletak di tepi Pantai Utara Jawa Tengah obyek ini menawarkan berbagai wahana permainan air untuk memanjakan para wisatawan. Wahana yang ditawarkan antara lain : Wahana bumerang (Little Rip) Seluncur (Water Slde) Permainan Anak (Kid Water Playground) yang dilengkapi ember tumpah , Kolam Arus (Lazy Rivers), Wahana Dermaga, Ventura River, maupun Food Court & Resto yang Siap menyajikan Makan dan Minuman. Selain sejumlah wahana tersebut , Widuri merupakan obyek wisata terpadu yang dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung lainnya, sarana tersebut antara lain Sirkuit Balap Motor baik untuk event Road Race maupun Grass Track, Sirkuit ini sudah diakui dan masuk dalam kalender kegiatan rutin dunia otomotif.

Curug Bengkawah
Curuh bengkawah menawarkan keaslian air terjun alami yang belum tersentuh, suara gemuruh air terjun seolah bersahutan dengan kicau burung liar di naungi rindannya pepohonan, obyek ini terletak di Desa Sikasur Kec. Belik, Kab. Pemlang 35 km arah selatan Kota Pemalang, meski mencapai curug benkawah harus ditempuh dengan berjalan kaki namun pesona keindahan dan kesegaran air terjun yang ada , mampu menawarkan kepenatan dan mendatangkan kesegaran pikiran.

Kabupaten Tegal
Taman Rekreasi Purwahamba Indah

Obyek wisata pantai yang terletak di jalur jalan raya Tegal- Semarang, berjarak sekitar 14 km dari terminal bus kota Tegal atau 20 Km dari kota Slawi ke arah timur. Luas kawasan obyek wisata pantai Purwahamba Indah terdiri dari 3.100m2 areal obyek buatan dan 2.000 m2 areal obyek alam . Pantai Purwahamba adalah pantai pasir dengan karakteristik pantai utara pulau Jawa dengan kecepatan angin yang sedang dan ombak yang besar dibandingkan dengan kawasan pantai selatan pulau Jawa.

Pemandian Air Panas Guci
Terletak di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian ± 1.050 m diatas permukaan laut, berjarak sekitar 40 km dari terminal bus Kota Tegal ke arah jurusan Purwokerto. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Guci merupakan pemandian dengan sumber air panas, pengunjung dapat menikmati mandi air panas juga dapat melakukan wisata di hutan sekitarnya. Di Guci ada sekitar 10 air terjun yang terdapat di daerah Guci. Di bagian atas pemandian umum pancuran 13 dan sekitar satu kilometer, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu adalah milik seorang Lurah yang bernama Lurah Jedor. Sambil jalan-jalan menikmati pemandangan pepohonan pinus, Anda dapat merasakan kesejukan daerah ini.

Waduk Cacaban
Waduk Cacaban adalah sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, 9 Km kearah timur dari kota Slawi Waduk Cacaban meliputi wilayah Kecamatan Kedung Banteng, Jatinegara dan Kec. Topografi kawasan waduk Cacaban adalah pebukitan dengan ketinggian antara 85m – 600m dpl. Waduk ini didukung dengan latar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah. Waduk Cacaban yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952 ini sebenarnya berfungsi mengairi sawah-sawah di sekitarnya, namun juga difungsikan sebagai obyek wisata. Wisatawan dapat menikmati suasana santai, dengan memancing ikan, jalan-jalan di atas bendungan ataupun dapat mengelilingi waduk dengan kapal motor. Adapun makanan khasnya adalah aneka ikan air tawar yang setiap saat tersedia.

Kota Tegal
Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah (PAI) adalah salah satu objek wisata pantai yang terletak di sisi utara Kota Tegal. PAI merupakan pantai berpasir yang cukup landai, letaknya bersebelahan dengan pelabuhan lama Tegal. PAI dilengkapi anjungan untuk melihat laut lebih dekat. Selain pantai, pengunjung dapat menjumpai Monumen Bahari yang diletakkan tepat setelah pintu masuk. Pengunjung akan disambut tank marinir, kemudian replika kapal berikut jangkarnya, pesawat tempur, dan beberapa peralatan TNI lainnya. Selain itu, di sisi timur, telah dibangun wahana permainan air dengan ember tumpah yang berbentuk poci.

Kabupaten Brebes
Agro Wisata Kaligua

Merupakan agro wisata perkebunan teh yang terletak di Desa Pandansari Paguyangan sebelah barat kaki Gunung Slamet, pada ketinggian 1.500 – 2050 m dpl dan suhu antara 8º C – 28º C. Wisatawan dapat melihat proses pengolahan teh, melihat panen teh dan pembibitan teh, Wisata agro Kaligua dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk. Jadi wisatawan yang berkunjung dapat langsung menikmati hangatnya teh hitam (black tea) Kaligua atau dapat membeli sebagai oleh-oleh. Kawasan wisata agro Kaligua memberikan banyak pilihan untuk wisata. Sebab, terdapat beberapa situs wisata menarik yang berada di seputaran Kaligua. misalnya Gua Jepang, Tuk Benih, Gua Angin, Makam Pendiri kebun Van De Jong. Beberapa vila milik perkebunan bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin bermalam. Kawasan perkebunan teh Kaligua, selain menarik untuk sarana wisata keluarga, juga sangat cocok untuk refreshing bagi orang kota yang setiap hari disibukkan oleh rutinitas kerja. Untuk melayani wisatawan, pihak perkebunan menyediakan fasilitas homestay (penginapan) yang cukup baik.

Waduk Malahayu
Terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, ± 6 km dari Banjarharjo atau 17 km dari Tanjung. Luas kawasan ini sekitar 944 hektare dan dibangun pada tahun 1930 oleh Kolonial Belanda. Fungsi waduk ini disamping sebagai sarana irigasi lahan pertanian wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Losari, Tanjung dan Bulalakamba juga sebagai pengontrol banjir serta dimanfaatkan untuk rekreasi. Di obyek wisata ini dapat ditemukan panorama alam pegunungan yang indah, dikelilingi hutan jati yang luas dan telah dijadikan bumi perkemahan dan wana wisata. Berbagai fasilitas tersedia di kompleks wisata ini antara lain kolam renang anak, mainan anak, becak air, perahu pesiar, perahu dayung, panggung terbuka serta disediakan tempat parkir yang cukup luas. Sementara Sedekah Waduk, dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap hari raya.

Pantai Randu Sanga Indah
Terletak ± 5 km di sebelah utara Kota Brebes Pantai Randusanga atau yang sekarang lebih dikenal dengan Pantai Randusanga Indah (Parin) berlokasi di Randusanga Kulon Kecamatan Brebes sekitar 7 Km ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Sepanjang perjalan menuju pantai Randusanga akan banyak ditemui perkebunan bawang merah dan tambak yang umumnya digunakan untuk budidaya banding dan rumput laut. Pantai Randusanga Indah memiliki panorarama pantai yang masih alami dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas : mainan anak (waterboom), mandi laut, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah.

Kabupaten Batang
Agro Wisata Pagilaran

Perkebunan teh yang dikelola oleh PT Pagilaran Batang ini terletak di Desa Keteleng, Kecamatan Blado, berjarak ± 40 km arah selatan dari Kota Batang. Berada di lereng utara dataran tinggi Dieng dengan ketinggian 1000-1500 meter dpl, Agrowisata Pagilaran menawarkan pemandangan hamparan kebun teh yang memukau dengan suhu udara berkisar 15-22 derajat celcius. Pengunjung dapat berwisata sambil memperoleh pengetahuan pemeliharaan, pemetikan dan pengolahan teh.

Pantai Sigandu
Pantai Sigandu merupakan obyek wisata favorit yang terletak di kawasan pantura Jawa Tengah. Pantai yang landai dan bersih serta ombak yang tidak begitu besar menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan Pantai Sigandu kini dilengkapi dengan kafe, kolam pemancingan, perahu wisata, dan playground. Bahkan Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor membangun tempat rekreasi modern berupa kolam penangkaran dan pelatihan lumba-lumba.

Pantai Ujungnegoro
Berada di Ujungnegoro Kecamatan Kandeman berjarak sekitar 20 km sebelah timur laut kota Batang. Di pantai ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan tebing karang di tepi laut. Di bibir pantai tedapat gua Aswotomo yang konon menurut legenda tembus hingga Dataran Tinggi Dieng.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s